TUPOKSI

TUGAS DAN FUNGSI PPID PEMBANTU BALITBANG JAWA TIMUR


Tugas PPID Pembantu

Tugas PPID Pembantu yaitu mengelola dan melayani Informasi Publik serta dokumentasi informasi publik pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur


Fungsi PPID Pembantu

  1. Pengidentifikasian dan pengumpulan data dan informasi publik pada Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur;
  2. Pengolahan, penataan, penyimpanan data dan/atau informasi publik yang diperoleh di Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur;
  3. Penyeleksian dan pengujian data dan informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang dibuka untuk publik yang ditetapkan oleh Pejabat yang berwenang;
  4. Pengujian aksesibilitas atas suatu informasi publik;
  5. Penyelesaian sengketa pelayanan informasi;
  6. Pelaksanaan koordinasi dengan PPID Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik serta dokumentasi.


Tugas dan Fungsi Sekretaris PPID Pembantu

Tugas Sekretaris,merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi, pendokumentasian informasi dan pelayanan informasi dari Anggota unsur sekretariat/bidang;

Fungsi Sekretaris, meliputi :

  1. Pelaksanaan Koordinasi penyusunan program pengelolaan informasi dan dokumentasi;
  2. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas bidang-bidang;
  3. Pelaksanaan koordinasi dalam pengumpulan informasi dan dokumentasi;
  4. Pelaksanaan administrasi pelayanan informasi dan dokumentasi;
  5. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka penyediaan sarana prasarana pelayanan informasi Publik melalui media cetak/pengiriman/website;
  6. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka pemberian pelayanan informasi dan dokumentasi;
  7. Pelaksanaan pelaporan pelayanan informasi Publik dan dokumentasi.

Tugas dan Fungsi Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi

  1. Tugas Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi yaitu menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada publik
  2. Fungsi Bidang Pelayanan dan Dokumentasi Informasi meliputi :
  3. Pelaksanaan perencanaan program di bidang pelayanan dan dokumentasi informasi;
  4. Pelaksanaan pelayanan dan dokumentasi;
  5. Pengelolaan dan pengembangan di bidang pelayanan dan dokumentasi informasi;
  6. Penyediaan informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik;
  7. Penyimpanan dan pemeliharaan dokumentasi dan informasi publik.


Tugas dan Fungsi Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi

Tugas Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi yaitu mengolah dan melakukan klasifikasi informasi dan dokumentasi;

Fungsi Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi meliputi :

  1. Pelaksanaan Perencanaan program Bidang Pengolah Data dan Klasifikasi Informasi;
  2. Pelaksanaan Klasifikasi Informasi Publik Penyeleksian dan pengujian data dan informasi publik yang
  3. termasuk dalam kategori dikecualikan;
  4. Inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;
  5. Pelaksanaan Pengembangan Sistim Informasi Teknologi;
  6. Pelaksanaan Penyajian data dan informasi;
  7. Penyusunan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan dalam rangka memenuhi permohonan informasi.


Tugas dan Fungsi Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi

Tugas Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi melaksanakan mediasi, koordinasi dan konsultasi serta pendampingan advokasi terhadap proses penyelesaiansengketa informasi publik;

Fungsi Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi meliputi :

  1. Pelaksanaan perencanaan program Bidang Penyelesaian sengketa informasi;
  2. Pelaksanaan koordinasi, mediasi dan konsultasi dalam rangka penanganan penyelesaian sengketa informasi;
  3. Pelaksanaan verifikasi dan rekomendasi atas pengaduan atau sengketa informasi;
  4. Pelaksanaan pendampingan advokasi dalam penyelesaian sengketa informasi.


Tugas dan Fungsi Anggota Unsur Sekretariat/Bidang dan Penghubung Bidang

Tugas Anggota unsur Sekretariat/Bidang dan Penghubung Bidang yaitu merencanakan, dan melaksanakan, pengumpulan informasi, pendokumentasian informasi dan pelayanan informasi dari sekretariat/bidang;

Fungsi Anggota unsur Sekretariat/Bidang dan Penghubung Bidang, meliputi :

  1. Pelaksanaan perencanaan informasi dan dokumentasi pada sekretariat/bidang;
  2. Pelaksanaan koordinasi dengan sekretaris/Bidang pada PPID Pembantu BALITBANG Prov. Jatim;
  3. Pelaksanaan penyediaan data, informasi dan dokumentasi sekretariat/bidang;
  4. Pelaksanaan pengklasifikasian informasi dan dokumentasi sekretariat/bidang;
  5. Pelaksanaan penyusunan pertimbangan bahan penyajian informasi dan dokumentasi;
  6. Pelaksanaan pendampingan penyelesaian sengketa informasi publik